PROFIL

PROFIL  SEKOLAH

 

      Profil Sekolah

SDN Dukuh Kupang V/534 Surabaya terletak di wilayah Surabaya Selatan, tepatnya di Kelurahan Dukuh Kupang, Kecamatan Dukuh Pakis, Kota Surabaya menempati lahan seluas ± 1362 m² yang terletak di Kelurahan Dukuh Kupang tepatnya di Jl. Dukuh Kupang XXV Surabaya. Adapun batas-batasnya :                                                                                                   Sebelah Utara             :  UWK Surabaya

             Sebelah Barat             :  Rumah Warga

   Sebelah Selatan          :  Puskesmas

   Sebelah Timur            :  Jalan Kampung

               Luas bangunan SDN Dukuh Kupang V/534 2072m2 terdiri dari 12 ruang belajar, dan sarana penunjang pembelajaran yang lain. Jumlah siswa keseluruhan pada tahun 2022/2023 adalah 530 siswa  terbagi dalam 18 rombongan belajar dan jam belajar diatur pagi dan siang.

            SDN Dukuh Kupang V 534 Surabaya memiliki tenaga pendidik dan kependidikan sebagai berikut.

a)      Tenaga Pendidik

Jenis Kepegawaian

Jenis Kelamin

Kualifikasi Pendidikan

Tersertifikat

Pendidik

L

P

<S1

S1

>S1

Sudah

Belum

ASN

5

9

-

14

-

8

6

PPPK

2

-

-

2

-

-

2

GTT

2

3

-

5

-

2

3

Jumlah

9

12

-

21

-

10

11

 

b)     Tenaga Kependidikan

Jenis Kepegawaian

Jenis Kelamin

Kualifikasi Pendidikan

L

P

≤SMP

SMP

SMA

S1

≥S1

ASN

-

-

-

-

-

-

-

PPPK

-

-

-

-

-

-

-

PTT

5

2

-

-

3

4

-

Jumlah

5

2

-

-

3

4

-

 

 TABEL GAMBARAN UMUM SDN DUKUH KUPANG V/534 SURABAYA

a.        Identitas

Nama Sekolah

SDN DUKUH KUPANG V/534

NPSN

20532897

Alamat

Jl. Dukuh Kupang XXV

Desa

Dukuh Kupang

Kecamatan

Dukuh Pakis

Kota

Surabaya

Provinsi

Jawa Timur

Luas Tanah

1362 m2

Status

Negeri

Nilai Akreditasi

A

 

b.        Data Siswa SDN Dukuh Kupang V/534  Tahun 2022/2023

No

Kelas

Tahun Ajaran / Jumlah Siswa

2022 – 2023

L

P

JML

1

I

44

42

86

2

II

45

36

81

3

III

48

47

95

4

IV

44

41

85

5

V

48

51

99

6

VI

          43

41

84

Jumlah

272

      258

530

 

c.         Data Jumlah Rombongan Belajar

No

Ruang  Kelas

Jumlah Rombel

1

Ruang  Kelas I

3 Rombel

2

Ruang  Kelas II

3 Rombel

3

Ruang  Kelas III

3 Rombel

4

Ruang  Kelas IV

3 Rombel

5

Ruang  Kelas V

3 Rombel

6

Ruang  Kelas VI

3 Rombel

 

 

 

d.        Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan

No.

NAMA

NIP

MENGAJAR DI

STATUS

1

RINI SUDIARTINI, S.Pd.

-

-

PNS

2

SITI KOMARYATIN

      KELAS 2A & B     PNS

3

Drs. EKO ATMODJO NURADI

-

KELAS 3C

PNS

4

LISTIOWATI, S.Pd.I.

-

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

PNS

5

ENDANG SUPRIYATIN, S. Pd

-

KELAS 5B & C

PNS

6

SITI JUWARIYAH,S.Pd

-

KELAS 1A

PNS

7

FITRIA SUCIANTI,S.Pd

-

KELAS 3B

PNS

8

JANNATUL UMMIYAH, S.Pd.

-

KELAS 1B

PNS

9

IMAM MABRUR, S.Pd

-

KELAS 6B

PNS

10

YUSTRIYANA, S.Pd.

-

KELAS 4C

PNS

11

BUYUNG AMKA RENDRA, S.Pd.

-

KELAS 4A & B

PNS

12

ACHMAD CHOIRUDIN ARIF, S.Pd.

-

KELAS 5A

PNS

13

BAHRUL ULUM, S.Pd.

 -

PENJASORKES

ASN PPPK

14

RISAL BAGUS WIJAYA, S.Pd.


PENJASORKES

ASN PPPK

15

IFYANA SINTARI, S. Pd

-

KELAS 1A

GTT

16

EKA HARIS VERDA WATI, S. Pd

-

KELAS 2C

GTT

17

NUR MUKHLAS, S. Ag

-

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

GTT

19

NUR HIDAYAH, S.Pd.

-

KELAS 6A

GTT

20

ANDRI SETYO WALUYO, S.Pd

-

KELAS 6C

GTT

21

TANTY AUGUSTINA, S.Pd.

-

BAHASA INGGRIS

GTT

22

MENI SEPNIATWATI HAREFA

-

PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

GTT

23

NUR AINI KUSUMAWATI, S.Pd.

-

PERPUSTAKAAN

PTT

24

SETIYADI

 

TU

PTT

25

ANDIK MARWANTO, SH.

 

TU

PTT

26

IKA WIDIANTI, SE.

 

TU

PTT

27

SUNARDI

 

PETUGAS KEBERSIHAN

PTT

28

BAMBANG PURNOMO

 

PETUGAS KEAMANAN

PTT

29

AGUNG SUGIONO

 

PETUGAS KEAMANAN

PTT

  

e.         Data Prasarana

No

Nama Prasarana

Panjang (m)

Lebar (m)

Kondisi

Status Kepemilikan

1

Ruang kelas I

8

7

Baik

Milik

2

Ruang kelas II

8

7

Baik

Milik

3

Ruang kelas III

8

7

Baik

Milik

4

Ruang kelas IV

8

7

Baik

Milik

5

Ruang kelas V

8

7

Baik

Milik

6

Ruang kelas VI

8

7

Baik

Milik

7

Ruang Kepala Sekolah

4

3

Baik

Milik

8

Ruang guru

8

7

Baik

Milik

9

Ruang perpustakaan

8

7

Baik

Milik

10

Kamar mandi Guru

3

2

Baik

Milik

11

Kamar mansi siswa Laki-laki

2

1,5

Baik

Milik

12

Kamar Mandi siswa Perempuan

2

3

Baik

Milik

13

Ruang UKS

3

4

Baik

Milik

13

Ruang Komputer

3

4

Baik

Milik

14

Ruang Musik

6

5

Baik

Milik

15

Ruang Parkir Sepeda

Siswa

7

3

Baik

Milik

16

Musholah

6

5

Baik

Milik

    f       Visi Satuan Pendidikan

a.    Visi SD Negeri Dukuh Kupang V- 534 Surabaya

Membentuk siswa yang berkarakter, unggul, berbudaya literasi, dan peduli lingkungan.

 

b.      Indikator Visi :

1. Membentuk siswa yang mempunyai jiwa yang religius.

2. Membentuk siswa yang berjiwa kebhinekaan dan budaya global.

3. Membentuk siswa berjiwa mandiri.

4. Membentuk siswa berjiwa gotong royong

5. Membentuk siswa yang bernalar kritis

6. Membentuk siswa kreatif, unggul dalam akademik dan non akademik.

7. Membentuk pribadi siswa yang berbudaya literasi.

 

Misi Satuan Pendidikan

a.  Misi SD NEGERI DUKUH KUPANG V- 534 Surabaya

Memberikan pelayanan prima dengan mencetak generasi unggul yang  berkarakter, cinta lingkungan, dan  meningkatkan budaya literasi.

b.  Indikator Misi :

1.  Menanamkan ketaqwaan melalui pengamalan pembelajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.

2.  Menanamkan pembiasaan menghargai, melestarikan dan mampu mengomunikasikan dan interaksi serta bertanggung jawab pada budaya nasional dan global.

3.  Membina kemandirian melalui pembiasaan, kewirausahaan dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan.

4.  Menanamkan pembiasaan gotong royong dengan cara kerjasama yang baik dengan warga sekolah untuk peduli dengan sesama dan menciptakan sekolah yang  bersih ,sehat, ramah  anak, peduli  dan berbudaya lingkungan serta menciptakan  generasi  pelestari  lingkungan

5.  Membina dan memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kreativitas sesuai bakat dan minatnya.

6.  Mengoptimalkan proses dan hasil belajar serta mengembangkan bakat, minat dan potensi dibidang Ilmu pengetahuan dan tehnologi melalui kegiatan ekstrakurikuler.

7.  Menanamkan pembiasaan membaca dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah melalui budaya literasi.

8.  Memacu dan meningkatkan produk literasi.

 

g.      Potensi dan Karakteristik Satuan Pendidikan

 

a.             Karakteristik masyarakat di sekitar sekolah

a)      Karakteristik masyarakat di sekitar SDN Dukuh Kupang V 534

SDN Dukuh Kupang V 534 Surabaya memiliki siswa-siswi yang sebagian besar orang tuanya memiliki tingkat ekonomi menengah ke bawah dan berpendidikan mayoritas SLTP dan SLTA, namun demikian  memiliki  kepedulian yang besar terhadap pendidikan.

Pada umumnya masyarakat yang paling dekat dengan sekolah mempunyai usaha berjualan karena tempatnya strategis disekitar kampus UWK, puskesmas, sekolah dan perumahan penduduk.

b)      Karakteristik Budaya SDN Dukuh Kupang V 534

1.    Budaya Prestasi

Budaya berprestasi di SDN Dukuh Kupang V 534 Surabaya dibuktikan dari:

1)   Berbagai prestasi lomba bidang Akademik dan non akademik yang diraih peserta didik dari tingkat kecamatan dan tingkat kota. Contoh prestasi yang pernah diraih ditingkat kecamatan yaitu pildacil, bulu tangkis, dan pramuka serta juara lomba menyanyikan lagu nasional di tingkat kota.

2) Persaingan belajar yang sehat dari peserta didik untuk memperoleh hasil belajar yang sangat baik sehingga mampu untuk melanjutkan ke SMP Negeri sesuai pilihan siswa/orang tua siswa.

2.      Budaya Literasi

Peserta didik SDN Dukuh Kupang V 534 Surabaya memiliki budaya literasi yang sangat baik. Kegiatan literasi yang menjadi budaya di SDN Dukuh Kupang V 534 Surabaya di antaranya:

1) Kegiatan pembiasaan membaca buku cerita dengan waktu 15 menit setiap pagi sebelum memulai pembelajaran bagi kelas awal (kelas 1,2, dan 3) sedangkan kelas lanjut (kelas 4,5, dan 6) selain membaca juga meresume cerita yang dibaca. Pembiasaan ini menjadi motivasi peserta didik sehingga berdampak pada budaya senang membaca di mana saja dan kapan saja.

2) Kegiatan tantangan membaca 250 halaman karya fiksi selama 1 semester pertama pada awal tahun ajaran.

3) Kegiatan menulis karya sastra yang dihasilkan dapat berupa cerpen, sajak, puisi, atau bentuk lain. Hasil karya ini kemudian dibukukan di setiap kelas  dan peserta didik sudah mampu mengorganisasi koleksinya serta ditaruh di perpustakaan.

3.      Budaya Peduli Lingkungan

Sesuai dengan Visi Sekolah Budaya Lingkungan sudah menjadi kegiatan wajib. Peserta didik SDN Dukuh Kupang V 534 Surabaya memiliki budaya peduli lingkungan yang baik. Bukti budaya ini adalah beberapa kegiatan yang dilakukan baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler serta melalui pembiasaan spontan.

 

b.      Kekhasan/Tradisi yang kuat di sekolah

a). Kekhasan di SDN Dukuh Kupang V 534 yang sudah membudaya yaitu pada hari besar islam dengan diadakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, peringatan 1 Muharram dengan melalui kegiatan doa Bersama, ceramah agama dan santunan anak yatim.

b). Setiap dua minggu di Hari Jumat pukul 06.15 sampai pukul 07.00 diadakan membaca asmahul husna dan kultum serta pembelajaran berinfaq secara sukarela.

c).  Kegiatan tari remo dan senam pagi setiap Hari Sabtu pukul 06.30 sampai pukul 07.00