PROFIL SEKOLAH
Profil
Sekolah
SDN Dukuh Kupang V/534 Surabaya terletak di wilayah Surabaya Selatan, tepatnya di Kelurahan Dukuh Kupang, Kecamatan Dukuh Pakis, Kota Surabaya menempati lahan seluas ± 1362 m² yang terletak di Kelurahan Dukuh Kupang tepatnya di Jl. Dukuh Kupang XXV Surabaya. Adapun batas-batasnya : Sebelah Utara : UWK Surabaya
Sebelah Barat : Rumah
Warga
Sebelah Selatan :
Puskesmas
Sebelah Timur :
Jalan Kampung
Luas bangunan SDN Dukuh
Kupang V/534 2072m2 terdiri dari 12 ruang belajar, dan sarana
penunjang pembelajaran yang lain. Jumlah siswa keseluruhan pada tahun 2022/2023 adalah 530 siswa terbagi dalam 18 rombongan belajar dan
jam belajar diatur pagi dan siang.
SDN Dukuh
Kupang V 534 Surabaya memiliki tenaga pendidik dan kependidikan sebagai
berikut.
a)
Tenaga Pendidik
Jenis
Kepegawaian |
Jenis
Kelamin |
Kualifikasi
Pendidikan |
Tersertifikat Pendidik |
||||
L |
P |
<S1 |
S1 |
>S1 |
Sudah |
Belum |
|
ASN |
5 |
9 |
- |
14 |
- |
8 |
6 |
PPPK |
2 |
- |
- |
2 |
- |
- |
2 |
GTT |
2 |
3 |
- |
5 |
- |
2 |
3 |
Jumlah |
9 |
12 |
- |
21 |
- |
10 |
11 |
b)
Tenaga Kependidikan
Jenis
Kepegawaian |
Jenis
Kelamin |
Kualifikasi
Pendidikan |
|||||
L |
P |
≤SMP |
SMP |
SMA |
S1 |
≥S1 |
|
ASN |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
PPPK |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
PTT |
5 |
2 |
- |
- |
3 |
4 |
- |
Jumlah |
5 |
2 |
- |
- |
3 |
4 |
- |
TABEL GAMBARAN UMUM SDN DUKUH KUPANG V/534 SURABAYA
a.
Identitas
Nama
Sekolah |
SDN DUKUH KUPANG V/534 |
NPSN |
20532897 |
Alamat |
Jl. Dukuh Kupang XXV |
Desa |
Dukuh Kupang |
Kecamatan |
Dukuh Pakis |
Kota |
Surabaya |
Provinsi
|
Jawa
Timur |
Luas
Tanah |
1362 m2 |
Status |
Negeri
|
Nilai
Akreditasi |
A |
b.
Data Siswa SDN Dukuh Kupang V/534 Tahun 2022/2023
No |
Kelas |
Tahun Ajaran / Jumlah Siswa |
||
2022 – 2023 |
||||
L |
P |
JML |
||
1 |
I |
44 |
42 |
86 |
2 |
II |
45 |
36 |
81 |
3 |
III |
48 |
47 |
95 |
4 |
IV |
44 |
41 |
85 |
5 |
V |
48 |
51 |
99 |
6 |
VI |
43 |
41 |
84 |
Jumlah |
272 |
258 |
530 |
c.
Data
Jumlah Rombongan Belajar
No |
Ruang
Kelas |
Jumlah Rombel |
1 |
Ruang Kelas I |
3
Rombel |
2 |
Ruang Kelas II |
3 Rombel |
3 |
Ruang Kelas III |
3 Rombel |
4 |
Ruang Kelas IV |
3 Rombel |
5 |
Ruang Kelas V |
3 Rombel |
6 |
Ruang Kelas VI |
3 Rombel |
d.
Data
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
No. |
NAMA |
NIP |
MENGAJAR DI |
STATUS |
1 |
RINI SUDIARTINI, S.Pd. |
- |
- |
PNS |
2 |
SITI KOMARYATIN | KELAS 2A & B | PNS | |
3 |
Drs. EKO ATMODJO NURADI |
- |
KELAS 3C |
PNS |
4 |
LISTIOWATI, S.Pd.I. |
- |
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
PNS |
5 |
ENDANG SUPRIYATIN, S. Pd |
- |
KELAS 5B & C |
PNS |
6 |
SITI
JUWARIYAH,S.Pd |
- |
KELAS 1A |
PNS |
7 |
FITRIA
SUCIANTI,S.Pd |
- |
KELAS 3B |
PNS |
8 |
JANNATUL UMMIYAH, S.Pd. |
- |
KELAS 1B |
PNS |
9 |
IMAM MABRUR, S.Pd |
- |
KELAS 6B |
PNS |
10 |
YUSTRIYANA, S.Pd. |
- |
KELAS 4C |
PNS |
11 |
BUYUNG AMKA RENDRA, S.Pd. |
- |
KELAS 4A & B |
PNS |
12 |
ACHMAD
CHOIRUDIN ARIF, S.Pd. |
- |
KELAS 5A |
PNS |
13 |
BAHRUL
ULUM, S.Pd. |
- |
PENJASORKES |
ASN PPPK |
14 |
RISAL BAGUS WIJAYA, S.Pd. |
|
PENJASORKES |
ASN PPPK |
15 |
IFYANA SINTARI, S. Pd |
- |
KELAS 1A |
GTT |
16 |
EKA HARIS VERDA WATI, S. Pd |
- |
KELAS 2C |
GTT |
17 |
NUR MUKHLAS, S. Ag |
- |
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
GTT |
19 |
NUR HIDAYAH, S.Pd. |
- |
KELAS 6A |
GTT |
20 |
ANDRI SETYO WALUYO, S.Pd |
- |
KELAS 6C |
GTT |
21 |
TANTY AUGUSTINA, S.Pd. |
- |
BAHASA INGGRIS |
GTT |
22 |
MENI SEPNIATWATI HAREFA |
- |
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN |
GTT |
23 |
NUR AINI KUSUMAWATI, S.Pd. |
- |
PERPUSTAKAAN |
PTT |
24 |
SETIYADI |
|
TU |
PTT |
25 |
ANDIK MARWANTO, SH. |
|
TU |
PTT |
26 |
IKA WIDIANTI, SE. |
|
TU |
PTT |
27 |
SUNARDI |
|
PETUGAS KEBERSIHAN |
PTT |
28 |
BAMBANG PURNOMO |
|
PETUGAS KEAMANAN |
PTT |
29 |
AGUNG SUGIONO |
|
PETUGAS KEAMANAN |
PTT |
e.
Data
Prasarana
No |
Nama Prasarana |
Panjang (m) |
Lebar (m) |
Kondisi |
Status Kepemilikan |
1 |
Ruang
kelas I |
8 |
7 |
Baik |
Milik |
2 |
Ruang
kelas II |
8 |
7 |
Baik |
Milik |
3 |
Ruang
kelas III |
8 |
7 |
Baik |
Milik |
4 |
Ruang
kelas IV |
8 |
7 |
Baik |
Milik |
5 |
Ruang
kelas V |
8 |
7 |
Baik |
Milik |
6 |
Ruang
kelas VI |
8 |
7 |
Baik |
Milik |
7 |
Ruang
Kepala Sekolah |
4 |
3 |
Baik |
Milik |
8 |
Ruang
guru |
8 |
7 |
Baik |
Milik |
9 |
Ruang
perpustakaan |
8 |
7 |
Baik |
Milik |
10 |
Kamar mandi Guru |
3 |
2 |
Baik |
Milik |
11 |
Kamar mansi siswa Laki-laki |
2 |
1,5 |
Baik |
Milik |
12 |
Kamar Mandi siswa Perempuan |
2 |
3 |
Baik |
Milik |
13 |
Ruang UKS |
3 |
4 |
Baik |
Milik |
13 |
Ruang Komputer |
3 |
4 |
Baik |
Milik |
14 |
Ruang Musik |
6 |
5 |
Baik |
Milik |
15 |
Ruang Parkir Sepeda Siswa |
7 |
3 |
Baik |
Milik |
16 |
Musholah |
6 |
5 |
Baik |
Milik |
f Visi Satuan Pendidikan
a. Visi SD Negeri Dukuh
Kupang V- 534 Surabaya
Membentuk siswa yang berkarakter,
unggul, berbudaya literasi, dan peduli lingkungan.
b. Indikator Visi :
1. Membentuk siswa yang mempunyai
jiwa yang religius.
2. Membentuk siswa yang berjiwa
kebhinekaan dan budaya global.
3. Membentuk siswa berjiwa
mandiri.
4. Membentuk siswa berjiwa gotong
royong
5. Membentuk siswa yang bernalar
kritis
6. Membentuk siswa kreatif, unggul
dalam akademik dan non akademik.
7. Membentuk pribadi siswa yang
berbudaya literasi.
Misi Satuan Pendidikan
a. Misi SD NEGERI DUKUH KUPANG V- 534 Surabaya
Memberikan pelayanan prima dengan
mencetak generasi unggul yang
berkarakter, cinta lingkungan, dan
meningkatkan budaya literasi.
b. Indikator Misi :
1. Menanamkan ketaqwaan melalui pengamalan
pembelajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
2. Menanamkan pembiasaan menghargai, melestarikan
dan mampu mengomunikasikan dan interaksi serta bertanggung jawab pada budaya
nasional dan global.
3. Membina kemandirian melalui pembiasaan,
kewirausahaan dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan.
4. Menanamkan pembiasaan gotong royong dengan
cara kerjasama yang baik dengan warga sekolah untuk peduli dengan sesama dan
menciptakan sekolah yang bersih ,sehat,
ramah anak, peduli dan berbudaya lingkungan serta menciptakan generasi
pelestari lingkungan
5. Membina dan memfasilitasi peserta didik dalam
mengembangkan kreativitas sesuai bakat dan minatnya.
6. Mengoptimalkan proses dan hasil belajar serta
mengembangkan bakat, minat dan potensi dibidang Ilmu pengetahuan dan tehnologi
melalui kegiatan ekstrakurikuler.
7. Menanamkan pembiasaan membaca dalam kehidupan
sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah melalui budaya literasi.
8. Memacu dan meningkatkan produk literasi.
g. Potensi
dan Karakteristik Satuan Pendidikan
a.
Karakteristik
masyarakat di sekitar sekolah
a)
Karakteristik
masyarakat di sekitar SDN Dukuh Kupang V 534
SDN Dukuh Kupang V 534 Surabaya
memiliki siswa-siswi yang sebagian besar orang tuanya memiliki tingkat ekonomi
menengah ke bawah dan berpendidikan mayoritas SLTP dan SLTA, namun
demikian memiliki kepedulian yang besar terhadap pendidikan.
Pada umumnya
masyarakat yang paling dekat dengan sekolah mempunyai usaha berjualan karena
tempatnya strategis disekitar kampus UWK, puskesmas, sekolah dan perumahan
penduduk.
b)
Karakteristik Budaya SDN Dukuh Kupang V 534
1.
Budaya Prestasi
Budaya
berprestasi di SDN Dukuh Kupang V 534 Surabaya dibuktikan dari:
1) Berbagai prestasi lomba bidang Akademik dan
non akademik yang diraih peserta didik dari tingkat kecamatan dan tingkat kota.
Contoh prestasi yang pernah diraih ditingkat kecamatan yaitu pildacil, bulu
tangkis, dan pramuka serta juara lomba menyanyikan lagu nasional di tingkat
kota.
2) Persaingan
belajar yang sehat dari peserta didik untuk memperoleh hasil belajar yang
sangat baik sehingga mampu untuk melanjutkan ke SMP Negeri sesuai pilihan
siswa/orang tua siswa.
2.
Budaya Literasi
Peserta didik SDN Dukuh Kupang V
534 Surabaya memiliki budaya literasi yang sangat baik. Kegiatan literasi yang menjadi
budaya di SDN Dukuh Kupang V 534 Surabaya di antaranya:
1) Kegiatan pembiasaan
membaca buku cerita dengan waktu 15 menit setiap pagi sebelum memulai
pembelajaran bagi kelas awal (kelas 1,2, dan 3) sedangkan kelas lanjut (kelas
4,5, dan 6) selain membaca juga meresume cerita yang dibaca. Pembiasaan ini
menjadi motivasi peserta didik sehingga berdampak pada budaya senang membaca di
mana saja dan kapan saja.
2) Kegiatan
tantangan membaca 250 halaman karya fiksi selama 1 semester pertama pada awal
tahun ajaran.
3) Kegiatan
menulis karya sastra yang dihasilkan dapat berupa cerpen, sajak, puisi, atau
bentuk lain. Hasil karya ini kemudian dibukukan di setiap kelas dan peserta didik sudah mampu mengorganisasi
koleksinya serta ditaruh di perpustakaan.
3.
Budaya Peduli Lingkungan
Sesuai dengan Visi Sekolah Budaya
Lingkungan sudah menjadi kegiatan wajib. Peserta didik SDN Dukuh Kupang V 534
Surabaya memiliki budaya peduli lingkungan yang baik. Bukti budaya ini adalah
beberapa kegiatan yang dilakukan baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler
serta melalui pembiasaan spontan.
b.
Kekhasan/Tradisi
yang kuat di sekolah
a). Kekhasan di
SDN Dukuh Kupang V 534 yang sudah membudaya yaitu pada hari besar islam dengan
diadakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, peringatan 1 Muharram dengan
melalui kegiatan doa Bersama, ceramah agama dan santunan anak yatim.
b). Setiap dua
minggu di Hari Jumat pukul 06.15 sampai pukul 07.00 diadakan membaca asmahul
husna dan kultum serta pembelajaran berinfaq secara sukarela.
c). Kegiatan tari remo dan senam pagi setiap Hari
Sabtu pukul 06.30 sampai pukul 07.00